Feeds RSS
Feeds RSS

Kamis, 21 April 2011

Ekonomi Islam

Dear reader !!
   Kali ini saya akan menuliskan tentang Ekonomi Islam yang say ketahui. dari namanya saja sudah ekonomi islam, pastinya ada sangkut pautnya sama nilai-nilai islam. apa sich keuangan islam itu ? keuangan islam itu adalah sistem ekonomi yang berdasarkan aturan syari'ah islam. dari yang pernah saya pelajari, bahwa keuangan islam itu tidak sangat mengejar keuntungan saja. dalam transaksi jual-beli contohnya, si pedagang mengambil keuntungan hanya sedikit, misal 2%nya saja. lalu, dalam berdagang tidak boleh ada yang dirugikan satu sama lain, harus mencapaia kesepakatan harga yang tidak merugikan salah satu pihak, karena apabila salah satu pihak merasa dirugikan, maka itu namanya dosa, haram, dan tidak sah.
   Kemudian ini saya mengkutip dari www.wikipedia.com bahwa ekonomi islam harus mampu memberikan kesejahteraan bagi seluruh masyarakat, memberikan rasa adil, kebersamaan dan kekeluargaan serta mampu memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada setiap pelaku usaha. ekonomi islam menekankan empat sifat, antara lain :
  1. Kesatuan(unity)
  2. Keseimbangan(equilibrium)
  3. kebebasan(free will)
  4. tanggungjawab(responsibility)
   Di dalam menjalankan kegiatan ekonominya, islam sangat mengharamkan kegiatan riba yang dari segi bahasa berarti kelebihan. ekonomi islam mempunyai tujuan untuk memberikan keselarasan bagi kehidupan di dunia, tidak hanya semata-mata untuk umat islam saja tapi seluruh manusia di dunia. 

1 komentar:

@ridhoalhamdi mengatakan...

good lala. kembangkan terus blogmu ya...

Posting Komentar